Idk

Idk

Senin, 31 Maret 2014

Tari Laweut


Tari Laweut adalah tari yang berasal dari Aceh. Laweut berasal dari kata "Selawat" yang artinya sanjungan yang ditujukan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Sebelum sebutan Laweut dipakai, pertama sekali disebut Akoon (Seudati Inong). Laweut ditetapkan namanya pada pekan Kebudayaan Aceh II (PKA II). Tarian ini berasal dari Pidie dan telah berkembang diseluruh Aceh. 

Gerak Tarian ini, yaitu penari dari arah kiri atas dan kanan atas dengan jalan gerakan barisan memsuki pentas dan langsung membuat kompoisi berbanjar satu, menghadap penonton, memberi salam hormat, dengan mengangkat kedua belah tangan sebatas dada, kemudian mulai melakukan gerakan-gerakan tarian. Tari Laweut dapat dikatakan mirip dengan tari Seudati, sehingga ada yang menyebutkan bahwa tari Laweut sebagai tari Seudati Inong. Di dalam pementasan tari ini terdapat syair yang dilantunkan, syair-syair tari Laweut mengandung pesan-pesan tersendiri seperti mengenai keimanan, pebangunan, dan pesan lainnya.

Sebelum sebutan Laweut dipakai, tarian ini mulanya disebut Seudati Inong, karena tarian ini khusus ditarikan oleh para perempuan. Gerak tarian ini, yaitu penari dari arah kiri atas dan kanan atas dengan jalan gerakan barisan memasuki pentas dan langsung membuat komposisi berbanjar satu, menghadap penonton, memberi salam hormat dengan mengangkat kedua belah tangan sebatas dada, kemudian mulai melakukan gerakan gerakan tarian.  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar